4 Keunikan Tari Tor – Tor Khas Batak

April 12, 2021 by No Comments

Siapa yang suka sekali dengan kebudayaan yang ada di Indonesia? Negara kita kaya akan budaya yang menjadikannya menarik. Indonesia sendiri memiliki beragam suku bangsa dan budaya yang dapat menjadi warisan kekayaan alam nusantara. Bahkan melalui warisan kebudayaan tersebut, Indonesia memiliki banyak sekali wahana wisata budaya yang dapat diperkenalkan kepada wisatawan mancanegara dalam kunjungannya kemari.

Kebudayaan Indonesia sendiri kental dengan rangkaian adat istiadat yang berlaku di dalam kelompok etnis masyarakat. Dimana diantaranya adalah adanya tarian adat nusantara yang menemani ragam kegiatan masyarakat dan digunakan sebagai warisan tarian daerah di Indonesia yang perlu dilestarikan. Ragam tarian daerah di Indonesia ini masih dipelajari dan diminati masyarakat Indonesia.

Tari Tor – Tor menjadi salah satu tarian daerah di Indonesia yang cukup kental dengan budaya Indonesia. Tarian ini sendiri berasal dari suku Batak, Sumatera Utara. Tarian ini dimainkan dengan menggunakan pakaian adat yang ada. Tarian ini dilakukan untuk kegiatan ritual yang dijalankan masyarakat Batak dalam kegiatan keseharian seperti upacara kesembuhan, kematian dan juga upacara kegiatan lainnya yang dijalankan dalam tradisi masyarakat Batak.

Tari Tor- Tor sendiri sebagai tarian daerah di Indonesia memiliki beberapa jenis keunikan dalam kehadirannya. Berikut merupakan beberapa keunikan dalam tarian daerah di Indonesia ini :

        1. Sarana komunikasi

Tari Tor – Tor sendiri merupakan tarian yang digunakan untuk media komunikasi. Dimana tarian ini sendiri dilakukan untuk berbagai kegiatan tradisi dalam masyarakat Batak seperti upacara kesembuhan. Hal ini dicirikan dari interaksi antar anggota yang terjadi.

        2. Menggunakan iringan gondang

Alat music ini menjadi ciri khas dari tarian Tor – Tor ketika menjadi pertunjukkan. Dimana gondang akan membuat penari untuk semangat menarikan tarian ini. Dalam penggunaannya, gondang sendiri membutuhkan ritual untuk bisa menemani tarian.

        3. Mengadakan prosesi Ni Gondang

Dalam menggunakan alat music gondang, penari Tor – Tor biasanya akan melaksanakan prosesi ini. Dimana prosesi ini dilakukan untuk meminta sesuatu pada pemilik rumah yang dapat dikabulkan. Ketika hajat sudah dikabulkan maka alat music dapat digunakan.

        4. Menggunakan kain ulos

Penari Tor – Tor biasanya akan menggunakan kain ulos. Dimana kain ini sendiri merupakan kain khas Batak. Dimana warna yang digunakan adalah merah, hitam, putih dengan tenun benang emas atau perak dalam kain. Penari juga wajib melakukan pantangan saat akan menari Tor – Tor untuk lebih khidmat.