Ciri-Ciri Alergi Susu Sapi dan Cara Mengatasinya

December 22, 2020 by No Comments

Penting bagi moms untuk mengetahui ciri alergi susu sapi pada bayi. Karena banyak orang yang tidak menyadari akan gejala yang muncul. Bila tetap diberikan, bisa mengacam nyawanya. Banyak orang tua yang tidak mengenali perbedaan alergi susu sapi dan intoleransi laktosa. Karena keduanya berbeda, namun memiliki ciri yang hampir sama. supaya anda bisa memberikan susu formula yang tepat, anda harus tahu ciri ciri alergi susu sapi pada anak.

Ciri-Ciri Bayi Alergi Susu Sapi

Saat memberikan susu formula pada anak, ibu harus memilihnya dengan baik. karena tidak semua anak cocok dengan susu formula tersebut. apalagi untuk anak yang memiliki alergi susu sapi. Berikut ini beberapa ciri alergi susu api yang harus mom ketahui.

–   Terjadi masalah pencernaan. Seperti muntah, sakit perut, diare, kolik, konstipasi sampai buang air besar darah

–   Terjadi reaksi pada kulit. Seperti gatal, ruam merah hingga pembengkakan di area wajah, bibir dan sekitar mata

–   Pilek dan batuk

–   Eksim yang tidak segera membaik walaupun sudah diobati

–   Gangguan pernapasan seperti batuk, napas yang berbunyi hingga sesak napas

–   Reaksi anafilaksi yang membutuhkan penanganan medis

Sedangkan untuk membedakan alergi susu sapi dan intoleransi laktosan. Anda juga harus memahami ciri dari intoleransi laktosa. Seperti

–   Muntah

–   Diare parah

–   Nyeri perut atau kram

–   Kembung

Gejala diatas bisa muncul dalam hitungan menit hingga hitungan jam setelah anak konsumsi susu formula.

Cara Mengatasi Gejala Anak Alergi Susu Sapi

Jika anda sudah memahami gejala diatas, anda harus bisa melakukan pertolongan pertama. Sehingga tidak muncul gejala berat yang bisa mengancam nyawa anak anda. ada beberapa hal yang harus anda lakukan. Antara lain:

–   Konsultasikan dengan dokter anak mengenai produk susu formula yang anda berikan. Anda juga bisa berkonsultasi tentang susu formula yang tepat untuk alergi susu

–   Jangan memberikan susu formula sembarangan, bahkan gonta ganti terus menerus. karena anak sudah mengalami alergi susu sapi

–   Jika anak masih asi eksklusif, anda harus diet bebas susu sapi atau produk olahan susu sapi lainnya

Jika terjadi gejala sebaiknya segera bawa anak anda ke rumah sakit terdekat. Sehingga bisa ditangani segera mungkin. jangan dibiarkan begitu saja atau anda tidak memberikan pertolongan pertama. Karena bisa membahayakan bayi anda. apalagi anak tidak bisa bernapas dan dehidrasi. Salah satu susu formula yang aman untuk alergi susu sapi adalah sgm soya.

Susu formula ini terbuat dari kedelai bukan protein susu sapi. Sehingga aman untuk anak yang menderita alergi susu sapi. Bila gejala tidak hilang, anda harus membawanya ke rumah sakit secepatnya. Itulah beberapa ciri ciri alergi susu sapi pada anak yang harus anda waspadai.