Desa Wisata Gamplong yang Penuh Sejarah

October 18, 2021 by No Comments

Saat ini, desa wisata Gamplong menjadi salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi oleh masyarakat Indonesia maupun para wisatawan asing. Sebab, wisata Gamplong Jogja ini memiliki julukan “Mini Hollywood” yang menunjukkan bahwa desa wisata rekomendari dari https://www.kemenparekraf.go.id/ satu ini sangat cocok untuk dijadikan tempat liburan.

Sementara itu, mungkin kamu pernah bertanya-tanya, sebenarnya Desa Wisata Gamplong milik siapa sih? Dan jawaban dari pertanyaan tersebut adalah, desa wisata yang ada di daerah Sleman, Yogyakarta ini adalah milik pemerintah, meskipun sering dijadikan sebagai lokasi syuting oleh Hanung Bramantyo.

 

Daya Tarik Desa Wisata Gamplong

 

Salah satu daya tarik dari desa wisata ini yang paling populer di banyak kalangan adalah Studio Alam Gamplong. Studio film di Jogja satu ini sering dijadikan sebagai lokasi syuting film-film dari sutradara kondang Hanung Bramantyo, sehingga banyak orang yang penasaran dengan tempat ini.

Namun, selain Studio Alam Gamplong, destinasi wisata yang satu ini masih memiliki daya tarik lainnya yang tak kalah menarik nan menyenangkan. Sebelum kamu hendak berlibur kemari, ada baiknya jika kamu mengenal satu per satu daya tarik yang dimiliki oleh wisata Gamplong Jogja ini.

1. Studio Alam Gamplong

Ya, daya tarik paling utama dari desa wisata yang ada di Jogja ini memang Studio Alam Gamplong. Bisa dibilang, objek wisata yang berupa studio film ini adalah wajah dari desa Gamplong Jogja. Sebab, ketika membahas tentang tempat ini, kemungkinan seseorang akan langsung mengingat tentang studio alamnya.

Sekarang kami akan bertanya, apakah kamu tahu film garapan sutradara Hanung Bramantyo yang berjudul Sultan Agung? Film ini memiliki cerita yang sangat kolosal, sehingga akan sangat cocok untuk ditonton oleh orang-orang yang menyukai genre film kolosal.

Nah, film Sultan Agung tersebut dibuat di Studio Alam Gamplong. Hanung Bramantyo dengan sengaja menyulap salah satu wilayah yang ada di desa ini, supaya nuansa kolosal dapat lebih terasa.

Meskipun film sudah berhasil dibuat, set dari lokasi syuting tersebut tidak dirobohkan. Pemerintah mengambil alih perawatan Studio Alam Gamplong, sehingga kamu masih bisa mengunjungi objek wisata ini kapan pun kamu mau.

2. Desa Wisata yang Diresmikan Langsung oleh Presiden Joko Widodo

Semua desa wisata yang ada di Indonesia, sebagian besar pernah mendapat apresiasi langsung dari pemerintah. Dan untuk desa wisata yang ada di daerah Jogja ini sendiri, memiliki prestasi yang membanggakan terkait peresmiannya.

Presiden Joko Widodo secara langsung meresmikan daerah desa ini sebagai desa wisata yang ada di Indonesia.

Sama dengan desa-desa wisata lainnya, pemerintah maupun Presiden Joko Widodo sendiri berharap dengan peresmiannya ini, desa ini dapat semakin mensejahterakan masyarakat yang tinggal di daerah tersebut.

Bahkan, pada saat peresmian sedang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo, beliau juga mengatakan bahwa ide dan gagasan yang diutarakan oleh masyarakat dan pemerintah desa Gamplong sangat menarik. Sehingga, Presiden Joko Widodo berharap ide dan gagasan tersebut bisa terlaksana dengan baik.

3. Lahan Kosong yang Disulap menjadi Objek Wisata Menyenangkan

Desa Gamplong dulunya hanya sebuah lahan kosong yang tidak memiliki daya tarik yang berbeda. Namun, saat ini desa ini sudah berubah menjadi objek wisata yang penuh dengan spot foto menarik dan indah, sehingga hal ini mampu menarik perhatian banyak wisatawan.

Ada yang rela datang ke tempat ini dari luar kota, hanya karena mereka ingin melihat secara langsung lokasi syuting yang digunakan sutradara Hanung Bramantyo. Bahkan, ada juga wisatawan asing yang tertarik dengan nuansa kolosal, yang memilih berlibur kemari hanya untuk menikmati nuansa tersebut.

Bisa dibilang desa wisata ini sudah menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Indonesia, karena setiap saat desa ini mampu menarik perhatian banyak wisatawan.

4. Pusat Kerajinan Penghasil Kain Tenun

Tak sedikit dari para wisatawan yang memilih berlibur kemari karena ingin mempelajari dunia tenun. Sebab, desa Gamplong dikenal sebagai pusat kerajinan penghasil kain tenun, sehingga disini kamu juga bisa mempelajari tentang pembuatan kain tenun yang tradisional.

Namun, jika kamu tidak tertarik untuk membuat sendiri kain tenun tersebut, kamu bisa menikmati waktumu disini hanya dengan berfoto ria bersama teman-temanmu atau keluargamu. Yang pasti, kegiatanmu disini tidak akan membosankan, karena ada begitu banyak objek wisata lainnya yang bisa kamu nikmati.

Selain itu, desa wisata ini juga terletak di wilayah yang mudah dijangkau oleh semua jenis kendaraan, sehingga kamu tidak akan merasa kesulitan untuk mencari lokasi tepatnya ketika ingin dan hendak berlibur kemari.

Masih ada beberapa objek wisata lain yang ada di Desa Wisata Gamplong, seperti Pasar Gamplong, wisata kuliner yang khas, hingga beberapa spot foto yang menunjukkan latar belakang unik. Dengan demikian, bisa dipastikan desa ini patut untuk kamu kunjungi ketika sedang berlibur ke daerah Yogyakarta.

Ingin berlibur ke tempat yang bernuansa kolosal? Maka kamu bisa mencoba berlibur ke Desa Wisata Gamplong.Desa wisata yang satu ini memiliki beberapa objek wisata yang bernuansa kolosal!