Latih Kemampuan Motorik Anak dengan Kegiatan yang Menyenangkan

December 13, 2020 by No Comments

Menjadi salah satu hal yang penting bagi perkembangan anak, motorik anak harus terus dilatih. Hal ini karena kemampuan motorik adalah kemampuan yang berhubungan dengan gerak tubuh si anak. Di mana dengan terus melatih kemampuan  motorik anak, anak bisa melakukan berbagai kegiatan yang menggunakan anggota tubuhnya.

Oleh karena itu, orang tua, khususnya Bunda yang selalu di dekat si anak, harus terus mengembangkan kemampuan yang satu ini. Untuk melatih kemampuan motorik anak, Bunda bisa mengajak anak melakukan kegiatan yang menyenangkan. Di bawah ini adalah kegiatan menyenangkan yang bisa Bunda lakukan dengan anak.

5 Kegiatan Menyenangkan untuk Melatih Kemampuan Motorik Anak

1. Menggambar atau Mewarnai

Kegiatan pertama yang Bunda dan anak lakukan adalah menggambar atau mewarnai. Di mana dengan Bunda mengajak anak untuk menggambar atau mewarnai, Bunda bisa melatih gerak jemari anak. Hal ini karena Bunda akan mengajarkan anak memegang dan menggunakan pensil gambar maupun pensil warna dengan benar.

Nah, jika anak belum bisa memegang dan menggunakan pensil dengan sempurna, Bunda tidak boleh memarahinya, tetapi berilah apresiasi kepada anak. Hal ini agar anak bisa mau diajak untuk melakukan kegiatan ini. Bunda juga jangan bosan untuk terus melatih motorik anak dengan menggambar maupun mewarnai ya.

2. Menyusun Balok

Selain menggambar atau mewarnai, Bunda bisa mengajak anak untuk menyusun balok. Dengan menyusun balok, anak bisa melatih gerak otot tangannya untuk mengambil balok dan menggenggam balok tersebut. Kegiatan menyusun balok ini bisa Bunda ajarkan saat anak memasuki umur 6 atau 8 bulan.

3. Bermain Adonan

Kegiatan selanjutnya yang bisa Bunda lakukan dengan si kecil adalah Bunda mengajak anak bermain adonan. Adonan di sini bisa saja adonan mainan yang berupa lilin mainan atau tanah liat. Selain itu adonan mainan, Bunda juga bisa menggunakan adonan asli berupa adonan kue dengan mengajak anak untuk membantu Bunda membuat kue.

Dengan bermain adonan, anak bisa melatih gerakan tangan dan jari. Di mana hal ini anak bisa memegang, menggenggam, dan mencubit adonan tersebut.

4. Bermain Bola

Selain Bunda, Ayah juga bisa mengajak anak bermain bola untuk melatih kemampuan motoriknya loh. Ayah bisa menggunakan bola yang tidak terlalu besar dan terbuat dari plastik agar anak bisa menggunakan dengan mudah.

Dengan ayah bermain bola dengan anak bisa membuat anak merasa bahagia. Selain itu, ayah bisa melatih motorik atau gerakan tangan dan kaki anak dengan menggenggam dan menendang bola.

5. Menarik dan Mendorong Mainan

Kegiatan terakhir untuk melatih kemampuan motorik anak adalah menarik dan mendorong mainan. Dalam kegiatan ini Bunda maupun Ayah bisa memberikan mainan kepada si kecil berupa mainan yang bisa didorong maupun ditarik ketika si anak sudah mulai belajar berjalan.

Di mana kegiatan tersebut bisa melatih gerak otot kaki dan tangan anak untuk mendorong dan menarik mainan tersebut. Selain itu, kegiatan menarik dan mendorong mainan adalah cara untuk memperlancar proses berjalan si anak.

Nah, itulah lima kegiatan menyenangkan yang bisa Bunda dan Ayah coba untuk melatih kemampuan motorik si kecil. Selamat mencoba kegiatan tersebut di rumah bersama si kecil, Bunda dan Ayah.