Pakai Listrik Seperlunya, Cara Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup di Sekitar Rumah

May 11, 2021 by No Comments

Saat ini, manusia diberikan kehidupan yang penuh berkah karena bisa hidup berdampingan dengan teknologi serta inovasi terkini. Setiap kehidupan manusia tidak terlepas dari listrik apalagi di kehidupan rumah maupun sekitarnya. Penting untuk mengetahui cara menjaga kelestarian lingkungan hidup di sekitar rumah berhubungan dengan listrik, ini caranya:

1. Kurangi Penggunaan Pendingin atau Penghangat

Cuaca di Indonesia belakangan ini terasa sangat panas pada siang hari sehingga memerlukan AC yang terus menyala sepanjang waktu. Ini bisa menyebabkan tagihan listrik tinggi tetapi cobalah untuk menaikkan suhu AC 3-4 derajat di atas suhu biasanya. Langkah kecil seperti ini bisa mengurangi konsumsi energi listrik sebesar 5-15% setiap tahunnya, ini berarti besar.

2. Buat Tumpukan Kompos

Memulai kebiasaan memisahkan sampah organik dengan sampah anorganik kemudian mengolah sendiri sampah organik bisa punya pengaruh besar. Sampah organik bisa diolah menjadi kompos hanya dengan menumpuknya saja di halaman belakang kemudian dipakai untuk pupuk tanaman. Meski tampak kecil, upaya ini sudah bisa mengurangi listrik dibanding penggunaan pupuk kimia.

3. Memasang Pancuran Rendah

Shower atau mesin penyiram seringkali terintegrasi dengan pompa mesin elektronik yang bisa mengkonsumsi daya cukup besar. Menggunakan pompa listrik aliran rendah misalnya hanya bertekanan kurang dari 2,5 gpm bisa memberi konsumsi energi jauh lebih sedikit. Jika perlu, ganti penggunaan pompa atau pancuran ke dalam pancuran konvensional saja.

4. Tutup Jendela saat Memakai AC

Pendingin ruangan akan bekerja ekstra ketika ruangan memiliki lubang terbuka seperti melalui jendela atau lubang ventilasi. Ini membuat pendingin ruangan terus menerus berupaya menurunkan suhu sedangkan lubang ventilasi akan membuatnya naik kembali. Jika jendela masih tembus angin di sisinya, cobalah untuk memasang beberapa karet untuk mencegahnya.

5. Batasi Penggunaan Air

Peningkatan penggunaan air akan beriringan dengan meningkatnya konsumsi listrik pada sebuah rumah tangga. Misalnya ketika menyikat gigi atau mencukur, ada cukup banyak air yang seringkali terbuang tanpa digunakan terlebih dulu. Selain itu, mesin cuci juga akan memberi konsumsi listrik serta air cukup besar sehingga penggunaannya perlu dipantau.

6. Ganti Lampu Pijar

Beberapa desain rumah tidak memperhatikan penggunaan lampu pijar dan akan memakai lampu berdaya sama di setiap ruangan. Padahal ada beberapa bagian rumah tertentu yang bisa diganti dengan lampu pijar lebih hemat energi seperti LED 40 watt misalnya. Menggunakan lampu berdaya lebih rendah bisa secara signifikan ikut mengurangi penggunaan listrik di rumah.

Seperti yang diketahui, listrik seringkali diproduksi melalui berbagai cara yang tidak ramah lingkungan seperti melalui pembangkit listrik. Ada banyak emisi lingkungan yang dikorbankan untuk menghasilkan listrik bagi satu wilayah tertentu. Oleh karena itu, menghemat listrik juga menjadi salah satu cara menjaga kelestarian lingkungan hidup di sekitar rumah.